• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • 02. E-JOURNAL
    • Journal of Public Administration
    • View Item
    •   DSpace Home
    • 02. E-JOURNAL
    • Journal of Public Administration
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    RESPONSIVITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP PENGGUNA LAYANAN RAWAT DI PUSKESMAS TEMPEL II KABUPATEN SLEMAN

    Thumbnail
    View/Open
    Jurnal Shinta 5 Responsivitas Genap 2024-2025.pdf (386.2Kb)
    LoA Jurnal shinta 5 Responsivitas Genap 2024-2025.pdf (768.2Kb)
    Turnitin Jurnal shinta 5 Responsivitas Genap 2024-2025.pdf (3.087Mb)
    Lembar Reviewer Rekan Sejawat_Jurnal Shinta 5 Responsivitas Pelayanan Publik_Genap 2024-2025.pdf (137.1Kb)
    Date
    2025-03-19
    Author
    Yunanto, Mohammad Kus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Puskesmas merupakan pihak terdepan dalam pelayanan kesehatan, oleh karena itu keberadaan puskesmas sangat penting dalam wilayah kerjanya. Seperti halnya di Kapanewon, Tempel memiliki dua puskesmas, salah satunya adalah Puskesmas Tempel II. Puskesmas Tempel II selain memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu juga harus didukung oleh daya tanggap pelayanannya. Daya tanggap merupakan salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Namun dalam daya tanggap pelayanan di Puskesmas Tempel II masih terdapat permasalahan yaitu kurangnya keramahan pegawai dalam memberikan pelayanan dan kurangnya kesigapan pegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya tanggap pelayanan publik terhadap pengguna pelayanan rawat jalan di Puskesmas Tempel II. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Indikator dalam penelitian ini bersumber dari teori Zeithaml dalam Hardiansyah (2011:46) tentang daya tanggap yaitu kemampuan tanggap masyarakat, kecepatan pelayanan, ketepatan pelayanan, ketepatan waktu pelayanan, kemampuan menanggapi keluhan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tanggap pelayanan terhadap pengguna jasa rawat jalan di Puskesmas Tempel II sudah baik. Hal ini dikarenakan dari 6 indikator tersebut hanya terdapat 1 sub indikator yang belum berjalan secara optimal yaitu indikator kecepatan pelayanan sub indikator kesigapan pegawai.
    URI
    https://www.irje.org/irje/article/view/2412
    Collections
    • Journal of Public Administration

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV